Paper ini merupakan publikasi hasil penelitian saya dkk, yang didanai dari Hibah Inovasi Pembelajaran UPI Tahun 2011. Intinya penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran project based laboratory pada proses praktikum elektronika industri dan penilaian kinerja mahasiswa pada proses perkuliahan dilakukan melalui penilaian kinerja berbasis fuzzy grading system.
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran project based laboratory (probaslab)
pada proses disain dan perakitan modul latih otomasi industri dan menghasilkan
model alat penilaian kinerja berbasis fuzzy
grading system . Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan penelitian
pengembangan. Konsep pembelajaran probaslab telah
mengarahkan mahasiswa untuk melakukan pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang
menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Fokus
pembelajaran terletak pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip inti dari suatu
disiplin studi, melibatkan peserta kuliah dalam investigasi pemecahan masalah
dan kegiatan tugas-tugas bermakna yang lain, memberi kesempatan mahasiswa untuk
dapat bekerja secara otonom mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, dan
mencapai puncaknya menghasilkan produk nyata. Proses implementasi model
pembelajaran probaslab ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan
selama tiga siklus. Perbaikan pembelajaran selalu dilakukan pada setiap siklus
berdasarkan hasil refleksi antara peneliti dan dosen pengampu mata kuliah
Praktikum Elektronika Industri III. Proses penilaian kinerja pada
pembelajaran probaslab menggunakan
pendekatan fuzzy grading system telah
menghasilkan proses asesmen yang tidak kaku dan lebih adil dan objektif. Unsur
subjektifitas dalam penilaian proses kinerja dapat dihindari oleh dosen karena
keputusan akhir dapat ditentukan melalui proses defuzzifikasi yang sepenuhnya
diputuskan oleh sistem perangkat lunak. Hasil
belajar mahasiswa berdasarkan penilaian proses dan evaluasi akhir menunjukkan
peningkatan yang sangat signifikan . Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi
model pembelajaran probaslab mempengaruhi terhadap motivasi dan semangat mahasiswa untuk
berprestasi.
Kata Kunci : Project based laboratory, Fuzzy grading system, Modul latih,
Otomasi industri, Penilaian kinerja.
DAFTAR PUSTAKA
Alamaki, A. (1999). Current Trends in
Technology Education in Finland. The Journal of Technology Studies. Tersedia
di : Digital Library and Archives.
Ana, 2008. Project Based Learning: Alternative
of Teaching and Learning Model for Pre-
service Teacher Education in TVET. International Journal of Education Vol.2 No.2, May 2008
Ana, Ade Gafar Abdullah, Liunir Z, (2010),
Assesment Project Based Learning Using Fuzzy Grading SystemApproach, Proceedings of International Seminar : The The Challenge for VET
in Developing Skills for Today”s Workforce, UNY, Yogyakarta, Mei 2010
Ana, Ade Gafar Abdullah, 2010, Assessment of
Project Based Learning Using Fuzzy Grading System: Alternative Assessment for
Learning Model for Pre-service Teacher Education in TVET, The 1st UPI
International Conference on Technical And Vocational Education and Training,
UPI, Bandung, Nopember2010.
Bransford,
J. D., & Stein, B. S. , “The IDEAL Problem Solver (2nd ed.)”, New York: Freeman, 1993.
Guarasa,
Marcias J. et.all (2005). Tools and
Strategies for Improving PBL Laboratory Courses with a High Student-to-Faculty
Ratio. 35th ASEE/IEEE Frontiers in
Education Conference, October 19 – 22, 2005, Indianapolis, IN.
Jian Ma and Duanning Zhou, 2000, “Fuzzy Set
Approach to the Assessment of Student-Centered Learning”, IEEE Transactions on
Education, Vol. 43, No. 2.
Javier R. Echauz, and George J. Vachtsevanos,
1995, Fuzzy Grading System, IEEE
Transactions on Education, Vol. 38, No. 2.
Katz, L.
, “The Project Approach. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood
Education” , ED368509. April 1994.
Purnawan,”Desain
e- Learning Berbasis Web Model PBL”, Tesis, ITB, 2007
Rui Hong Chu, Dylan Dah-Chuan Lu, S.
Sathiakumar, 2008, Project-Based Lab Teaching for Power Electronic and Drives,
IEEE Transaction On Education, Vol. 51 No.1. Februari 2008, p 108-113.
Pan,
Jianbiao. et.all (2008). A
Project-Based Electronics Manufacturing Laboratory Course For Lower-Division
Engineering Students.American Society for Engineering
Education.
Sharan,
Y., “Enriching the Group and Investigation in the Intercultural Classroom”,
European Journal of Intercultural Studies, 9(2), 1998, 133-140.
Sukamto. (2001). Perubahan Karakteristik Dunia Kerja dan Revitalisasi Pembelajaran dalam
Kurikulum Pendidikan Kejuruan. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam
Pendidikan Kejuruan Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Thomas,
J.W. (2000). “A Review of Research on Project-Based Learning”. California: The
Autodesk Foundation. http://www.autodesk.com/foundation
V. Genis, W. Rosen, R. Chiou, W. Danley, J.
Milbrandt, G. Marekova, S. Racz, T.Kitchener, and B. La Vay, 2007, Laboratory
and Project Based Course in the Engineering Technology Curriculum, Proceeding
of the 2007 Middle Atlantic Section Fall Conference of The American Society for
Engineering Education.
Wahyu Nurharjadmo.
(2008). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah
Kejuruan. Jurnal Spirit Publik Volume
4, Nomor 2 halaman 215-228 Oktober 2008.
Zorica Nedic, Andrew Nafalski and Jan Machotka,
2010, Motivational Project-Based Laboratory for a Common First Year Electrical
Engineering Course, European Journal of Engineering Education, Vol.35, No. 4,
Agustus 2010, p 379-392.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar